Rabu, 13 Februari 2013

Fenomena Shuffle Dance di Kota Bandung


          Kota bandung nampaknya tidak sepi dari berbagai komunitas yang mewarnai setiap sudut kota yang di juluki paris van java itu. Salah satu komunitas yang sedang di gandrungi anak muda di kota bandung saat ini adalah Shuffle dance. Shuffle dance adalah suatu bentuk tarian modern yang mengkombinasikan gerakan kaki dan tubuh secara berirama sesuai dengan ritme musik yang dimainkan. 
            Menurut michael andrea, yang merupakan salah satu member Bandung SHFL (shuffle heart for life) mengatakan “ kegiatan Shuffle dance ini selain bertujuan untuk mengasah bakat akan seni menari, juga untuk olahraga dan melatih keseimbangan tubuh” ujarnya. Hal ini bisa dilihat dari kombinasi gerakan shuffle dance yang menitik beratkan pada gerakan kaki yang dipadukan dengan gerakan-gerakan tubuh lainnya seperti running man (lari ditempat), T-step,  jumping style dan lain-lain.

 
            Melihat dari sejarahnya shuffle dance sebenarnya gerakan tari yang ditemukan oleh koreografer asal amerika pada tahun 1980’an. Setelah itu shuffle dance mulai merambah benua australia di tahun 1990’an dan disini pula banyak komunitas-komunitas shuffle dance yang bermunculan. Pada tahun 2004 shuffle dance mulai masuk ke indonesia, akan tetapi komunitas-komunitasnya hanya terbatas di kota jakarta. Baru pada tahun 2011 shuffle dance mulai menjadi trend di kota-kota besar di indonesia maupun di dunia setelah munculnya grup vokal LMFAO lewat lagu Party Rock Anthem yang menceritakan tentang shufle dance.
            Di bandung sendiri demam shuffle dance mulai menujukan eksistensinya pada pertengahan tahun 2011. Hal ini bisa dilihat dari mulai berdirinya komunitas shuffle dance bandung yang bernama SHFL pada tanggal 26 april 2011. Pada mulanya komunitas ini didirikan oleh sekumpulan mahasiswa  Universitas Islam Bandung (UNISBA) yang memiliki hobi yang sama yakni shuffle dance, akan tetapi seiring berjalannya waktu shuffle dance saat ini sudah merambah diberbagai latar belakang masyarakat seperti karyawan dan pelajar. Hingga saat ini komunitas ini sudah memiliki 80 anggota lebih.
            “Kita biasa ngumpul di Be Mall setiap senin, rabu dan jum’at, dari mulai jam 4 sore ampe jam 8 malem. Biasanya hari minggu ada beberapa crew yang show di CDF Dago. Siapa saja yang punya keinginan bisa ikut, yang penting ada niat dan kemauan” ujar michael, salah satu anggota dari komunitas SHFL tersebut. Secara sadar maupun tidak komunitas shuffle dance telah menjadi bagian dari gaya hidup pemuda kota kembang yang harus menapat apresiasi dari masyarakat maupun pemerintah.
Title: Fenomena Shuffle Dance di Kota Bandung; Written by Unknown; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar