Jumat, 06 September 2013

Perubahan Sosial Budaya


1.       Perubahan sosial berarti perubahan tatanan kehidupan masyarakat secara mendasar, dan oleh karena itu perubahan perubahan sosial berarti pula perubahan budaya.
   
2.    Kingsley Davis, mengartikan  perubahan sosial sebagai perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat. Misalnya, berdirinya sebuah pabrik akan terjadi perubahan hubungan, yaitu hubungan majikan dan buruh, dan perubahan ini berimbas kepada  perubahan dalam organisasi ekonomi dan politik.

3.    Mac Iver, membedakan perubahan dalam dua konsep. Petama perubahan  utilitarian elements yang mengarah kepada perubahan ciri peradaban.
   
    Misalnya, dulu kita tidak membutuhkan komputer dalam menyelesaikan pekerjaan, namun sekarang dirasa komputer begitu penting untuk membatu pekerjaan, maka kita membelinya.

    Kedua, perubahan cultural element, yaitu perubahan yang dipicu oleh  adanya kemauan, kehendak, motivasi, dorongan dalam menggunakan alat bantu (komputer). Jadi perubahan dalam koneteks kedua ini lebih pada ekspresi jiwa yang terwujud dalam cara berpikir, pergaulan, menghayati seni dan nilai agama, termasuk di dalamnya menikmati rekreasi dan liburan. 

4.    Samuel Koening mengatakan bahwa perubahan-perubahan sosial merujuk pada modifikasi-modifikasi yang terjadi dalam pola-pola kehidupan manusia.

5.    Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi berpendaat bahwa perubahan-perubahan sosial adalah segala pebahan-perubahan pada lembaga-lembaga kemasyarakatan di dalam suatu masyarakat yang mempengaruhi sistem sosialnya termasuk di dalamnya nilai-nilai, sikap-sikap dan pola-pola kelakuan di antara kelompok-kelopok dalam masyarakat.

6.    Soedjono Dirdjosisworo mengartikan perubahan sosial  sebagai perubahan fundamental yang terjadi dalam struktur sosial, sistem sosial dan oganisasi sosial.

7.    Abdulsyani berpendapat bahwa perubahan sosial adalah perubahan fungsi kebudayaan dan perilaku manusia dalam masyarakat dari keadaan tertentu ke keadaan yang lain.

Title: Perubahan Sosial Budaya ; Written by Unknown; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar