Rabu, 20 Februari 2013

Hubungan Kerjasama Yayasan Pendidikan Dasar Dan Menengah Al-Masoem Dengan Media Massa


PENDAHULUAN

Puji syukur penyusun panjatkan ke hadirat Allah Subhanahu wata΄ala, karena berkat rahmat-Nya penyusun bisa menyelesaikan makalah yang berjudul  Hubungan kerjasama Yayasan pendidikan Dasar Dan Menengah Al-Masoem dengan media massa . shalawat serta salam tidak lupa penyusun kucurkan terhadap jungjunan kita nabi besar Muhammad SAW, beserta keluarganya, para sahabatnya, dan sampailah pada kita umat akhir zaman.
            Pengantar ilmu humas merupakan salah satu mata kuliah yang penting bagi mahasiswa jurnalistik karena didalamnya kita bisa mampu mengetahui seluk beluk kegiatan kehumasan yang merupakan acuan atau sasaran pekerjaan seorang jurnalis dalam menyampaikan informasi kepada media massa.
  Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu sehingga makalah ini dapat diselesaikan tepat pada waktunya. Makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu, kritik dan saran yang bersifat membangun sangat penyusun harapkan demi sempurnanya makalah ini.

 
              Semoga makalah ini memberikan informasi bagi khalayak dan bermanfaat untuk pengembangan wawasan dan peningkatan ilmu pengetahuan bagi kita semua.

Bandung, Juni 2011


Penyusun


LATAR BELAKANG

             Hubungan dengan publik diluar perusahaan merupakan keharusan yang mutlak. Karena perusahaan tidak mungkin berdiri sendiri tanpa bekerja sama dengan perusahaan yang lain. Karena itu perusahaan harus menciptakan hubungan yang harmonis dengan publik-publik khususnya dan masyarakat umumnya.
            Salah satunya dengan melakukan komunikasi dengan publik ekstern secara informatif dan persuasif. Informasi yang disampaikan hendaknya jujur, teliti dan sempurna berdasarkan fakta yang sebenarnya. Secara persuasif, komunikasi dapat dilakukan atas dasar membangkitkan perhatian komunikan (publik) sehingga timbul rasa tertarik.
       Masalah yang perlu dipecahkan dalam kegiatan external public relations meliputi bagaimana memperluas pasar bagi produksinya, memperkenalkan produksinya kepada masyarakat, mendapatkan penghargaan dan penerimaan dari publik maupun masyarakat, memelihara hubungan baik dengan pemerintah, mengetahui sikap dan pendapat publik terhadap perusahaan, memelihara hubungan baik dengan pers dan para opinion leader, memelihara hubungan baik dengan publik dan para pemasok yang berhubungan dengan operasional perusahaan dan mencapai rasa simpatik dan kepercayaan dari publik dalam masyarakat.
Dalam makalah ini akan dibahas mengenai pengunaan media massa yang dilakukan oleh badan instansi pendidikan al-masoem yang terletak di Jl. Raya cileunyi-Rancakek no 22 jatinangor-sumedang, untuk menyebarluaskan informasi kepada khalayak tentang kegiatan apa saja dan hal-hal yang penting yang perlu di publkasikan kepada masyarakat melalui media massa

PEMBAHASAN

            Adapun dalam hal pembahasan kali ini kita akan menganalisa proses kerjasama yang dilakukan pihak humas sekolah al-masoem dalam pengembangan citra kepada masyaraka melalui media massa.
            1. Bentuk kerjasama dengan media cetak
            Bentuk kerjasama yang dilakukan pihak penyelenggara pendidikan al-masoem dengan media cetak yaitu melalui kolom iklan dan artikel yang dimuat dalam surat kabar Pikiran Rakyat. Dalam hal ini secara rutin pihak al-masoem memuat brusur penerimaan siswa baru baik SMP al-masoem maupun SMA al-masoem dalam kolom iklan surat kabar pikiran rakyat. Selain itu dalam surat kabar ini juga sering dimuat pemberitaan tentang acara-acara besar yang akan maupun yang telah dilaksanakan pihak al-masoem yang perlu di publikasikan melalui media massa seperti kegiatan messa (multi event sport sains and art) al-masoem yang diadakan setiap tahunnya, dan perayaan dalam memperingati hari besar islam, diantaranya peringatan maulid nabi Muhammad dan isra mi’raj nabi Muhammad dengan mengadakan acara pengajian yang melibatkan ustad kondang seperti ustad yusuf Mansur dan sebagainya.
            Selain itu pemberitaan yang dimuat dalam surat kabar pikiran rakyat adalah mengenai prestasi-prestasi siswa-siswi al-masoem dalam kegiatan olimpiade tingkat daerah atau tingkat nasional maupun lulusannya yang diterima oleh perguruan tinggi negeri yang ada di Indonesia. Hal ini bertujuan untuk menarik minat siswa-siswi yang yang akan melanjutkan sekolahnya untuk masuk yayasan pendidikan al-masoem. Hal ini juga didukung dengan kupon diskon pendidikan yang dimuat dalam surat kabar tersebut.
        2. Bentuk kerjasama dengan media elektronik
          Bentuk kerjasama yang dilakukan pihak almasoem dengan media elektronik yaitu dengan melibatkan saluran pendidikan stasiun TV daerah yakni STV dan stasiun radio ardan FM. Adapun hal-hal yang dipublikasikan didalam stasiun TV STV yaitu pemberitaan mengenai kegiatan pembelajaran yang dilakukan pihak penyelenggara pendidikan al-masoem baik dalam bidang akademik maupun non akademik seperti kegiatan ekstrakulikuler maupun intrakulikuler sekolah tersebut, selain itu fasilitas-fasilitas yang menunjang sering disorot atau ditonjolkan dalam proses pemberitaannya, akan tetapi bentuk kerjasama dengan pihak STV merupakan bentuk kerjasama yang dilakukan tidak secara kontinyu sehingga hanya sedikit masyarakat yang mengetahui akan pemberitaan tersebut.
            Selain itu bentuk kerjasama dengan pihak ardan FM adalah sama seperti bentuk publikasi yang lainnya, yaitu tentang pembukaan pendaftaran siswa baru sebagai upaya persuasive dalam menjaring siswa baru.
            Selain penggunaan sarana TV dan radio, pihak humas al-masoem juga menggunakan media online dan jejaring sosial dalam penyebarluasan informasi yang ada di sekolah tersebut. Baik informasi tentang kegiatan yang diadakan di sekolah maupun proses akademik dan penerimaan siswa baru sekolah tersebut dalam usahanya untuk pengembangan citra seolah di masa yang akan datang.

Kesimpulan

            Ada beberapa bentuk media masa yang bisa digunakan suatu perusahaan atau lembaga instansi dalam menginformasikan suatu bentuk kegiatan dan hal-hal yang perlu untuk dipublikasikan guna mencapai citra perusahaan yang positive di masyarakat. Hal ini serupa dengan yang dilakukan pihak humas yayasan pendidikan dasar dan menengah al-masoem yakni dengan memanfaatkan media cetak seperti koran atau surat kabar dan media elektronik seperti radio dan televisi.
            Walaupun tujuan pihak al-masoem dalam penggunaan media massa tersebut bersifat subjective, karena hanya menampilkan potensi-potensi yang ada di sekolahnya namun dalam hal ini pihak al-masoem bisa dikatakan mampu dan berhasil memanfaatkan media massa sebagai daya tarik sekolah tersebut sekaligus secara tidak langsung citra positive akan dicapai dari masyarakat.
            Adapun media massa yang dilibatkan dalam proses ini juga mendapatkan keuntungan dari penayangan informasi tersebut, baik dari sisi iklan maupun hasil liputan yang menjadi bahan berita media massa tersebut, oleh karena itu penggunaan media massa sangat penting bagi proses kehumasan suatu lembaga atau perusahaan tertentu.





Title: Hubungan Kerjasama Yayasan Pendidikan Dasar Dan Menengah Al-Masoem Dengan Media Massa; Written by Unknown; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar