Sabtu, 07 September 2013

7 PRINSIP DALAM MEMBANGUN KOMUNITAS YANG PENUH DENGAN KEBERAGAMAN (TUBBS, 2000:261)

1.    Milikilah komitmen. Kita harus punya komitmen kepada prinsip memajukan komunitas dalam kehidupan kita, juga kepada individu-individu yang bersama kita mencoba memajukan komunitas.

2.    Berhati-hatilah. Pikiran apa yang kita lakukan dan katakan. Fokuskan kepada proses bukan hasilnya.

3.    Terimalah tanpa syarat. Terimalah orang lain sebagaimana adanya; jangan coba mengubah atau mengendalikan mereka…., hargailah keanekaragaman dan jangan menilai orang lain hanya berdasarkan keanekaragama mereka.

4.    Pedulikan diri kita sendiri dan orang lain. Hindari komunikasi yang menimbulkan pertentangan dan adakan dialog bila mungkin. Bermusyawarahlah dengan orang lain mengenai isu-isu yang mempengaruhi mereka dan terbukalah terhadap gagasan-gagasan mereka.

5.    Bersikaplah penuh perhatian. Kenalilah bagaimana budaya dan etnisitas mempengaruhi cara kita berpikir dan berperilaku. Carilah persamaan…, seimbangkan emosi, kecemasan, dan kekhawatiran dengan akal.

6.    Berskaplah etis. Perbuatlah perilaku yang bukan merupakan alat untuk mecapai tujuan tetapi perilaku yang secara moral benar dalam dan dengan perilaku itu sendiri.

7.    Bersikaplah damai. Jangan melakukan kekerasan dan menipu, jangan melanggar janji yang sah, atau suka berahasia. Berusahalah memelihara harmoni.

Title: 7 PRINSIP DALAM MEMBANGUN KOMUNITAS YANG PENUH DENGAN KEBERAGAMAN (TUBBS, 2000:261); Written by Unknown; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar