Kamis, 25 April 2013

Wanita yang menginspirasi dunia



            Di era globalisasi ini peran perempuan menjadi salah satu fokus utama di berbagai belahan dunia. Wanita tidak lagi identik dengan kaum lemah, bodoh, tertindas dan memiliki kemampuan terbatas diberbagai bidang. Saat ini banyak negara yang memperbolehkan wanita melakukan peran laki-laki seperti bekerja mencari nafkah, memimpin sebuah perusahaan, bahkan terjun di dunia perpolitikan.

            Pada dasarnya jumlah wanita lebih banyak dibandingkan dengan jumlah laki-laki, hal ini juga mendukung potensi wanita dalam memasuki sektor-sektor yang biasa dilakukan oleh kaum laki-laki. Selain itu, dinamika perubahan sosial dan politik juga semakin membuka jalan bagi wanita untuk berkecimpung di dalamnya. Di indonesia sendiri hal itu bisa dibuktikan dengan adanya kouta bagi wanita untuk masuk dalam parlemen pemerintahan serta terpilihnya presiden wanita pertama yakni megawati soekarno putri.

            Hal ini megakibatkan tidak sedikit wanita yang menjadi sumber inspirasi bagi masyarakat indonesia maupun di dunia karena jasa-jasanya dalam menggebrak budaya patriarki yang selama ini melanda wanita di seluruh dunia serta menjadi salah satu icon public di suatu negara atau jaman tertentu . Berikut adalah nama-nama wanita yang dapat dijadikan inspirasi bagi kita semua.

1. RA Kartini (1879-1904)

             RA kartini merupakan pelopor kebangkitan perempuan di indonesia, hal ini bisa dibuktikan dengan bukunya yang berjudul “habis gelap terbitlah terang” yang telah mendorong semangat wanita dalam memperjuangkan hak-haknya. Selain itu kartini juga mendirikan sekolah gratis pertama untuk kaum perempuan yang terletak di rembang.

2. Margaret Thatcher (1925)

            Julukan The Iron Lady alias wanita besi pantas disandangnya, she’s leader and revolutionary women from United Kingdom. Margaret Thatcher perdana mentri wanita pertama di Inggris yang berkuasa paling lama, dari tahun 1979-1990. Kebijakan politiknya yang keras di dengar diseluruh dunia. Biarpun dia seorang wanita, tapi banyak lawan politiknya yang takluk dengannya. Presiden Amerika pun pernah diancamnya untuk segera menarik pasukannya dan menghentikan perperangan di Irak. Bahkan beliau berhasil meningkatkan perekonomian di Inggris dan kebijakan ekonominya membuat dunia aman dari kaum kapitalis.

3. Lady Diana (1961-1997)

            Kecantikan dan kelembutannya banyak dipuja oleh wanita diseluruh dunia, istri dari pangeran Charles ini banyak mendapatkan sorotan selama hidpnya. Mulai dari gaya dandannya, kepeduliannya terhadap sesama, keluarganya dan kehidupan pribadinya. Dia akhirnya meninggal karena kecelakaan di tahun 1997. Semua orang pun merasa kehilangan akan sesorang putri yang berpengaruh besar terhadap kemajuan wanita di dunia.

4. Indira Gandhi (1917-1962)

            Perdana Mentri pertama di India yang sempat berkuasa selama dua priode 1966-1977 dan 1980-1984. Dia di bunuh di tahun 1984 oleh bodyguard sikh. Kebijakan dan Visinya yang terkenal adalah Green Revolution yang berdampak kemajuan di bidang agricultur dan makanan di india. Wanita ini akhirnya menjadi pahlawan di India setelah kematiannya yang mengenaskan itu.

5. Mother Teresa (1910-1997)

            Perempuan yang menghabiskan hidupnya untuk melayani masyarakat miskin ini, menjadi pahlawan dan global icon untuk kepedulian terhadap orang lain. Secara pribadi, perempuan yang meninggal di tahun 1997 ini memberi pelayanan terhadap 1000-an orang yang sakit dan sekarat di daerah Calcutta India. Mother Teresa akhirnya mendapatkan penghargaan Nobel Perdamaian di tahun 1979. Dia telah sukses mengubah dunia dengan kemuliaannya.

6. Margaret (Meg) Whitman (1959)

            Wanita ini menjabat sebagai Chief executive ini menduduki di posisi 5 word’s 100 Most powerful women versi majalah Forbes di tahun 2008 lalu, karena keberhasilannya membangun online yang khusus untuk jual beli produk. Kekayaannya pribadinya yang mencapai $ 1.6 milyar menjadiakan Ia sebagai wanita terkaya di planet ini.

            Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa emansipasi wanita secara nyata telah merubah pandangan dunia terhadap kaum wanita sebagai kaum minoritas melalui bukti-bukti yang menguatkan peran wanita terhadap sektor-sektor di bidang politik, sosial ekonomi bahkan kemanusiaan. Dan seharusnya kita harus lebih menyadari dan menghormati akan arti wanita dalam kontribusinya di dunia ini.
Title: Wanita yang menginspirasi dunia; Written by Unknown; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar