Rabu, 27 Maret 2013

Meta Tags

 Meta Tags

Meta tags adalah kode-kode HTML yang ada di bagian halaman sebuah situs. Tidak seperti tag HTML yang lain, meta tags tidak muncul di halaman posting, sehingga kebanyakan pengunjung tidak pernah melihatnya. Meta tags yang berbeda memiliki fungsi yang berbeda, namun secara umum semuanya digunakan untuk memberikan informasi tambahan mengenai kondisi sebuah halaman situs kepada robot mesin pencari.

Banyak sekali jenis-jenis meta tag yang sering digunakan dan ditempatkan dalam template. Kalau boleh saya kelompokkan dalam beberapa jenis meta tag sebagai berikut :
1.       Meta tag verifikasi pendaftaran blog di search engine.
Pada saat kita mendaftarkan blog ke Google, Yahoo, MSN, Bing ataupun Alexa, biasanya saat proses verifikasi diharuskan untuk meletakkan kode verifikasi berupa meta tag.
Contoh meta tag dari search engine adalah seperti ini:
<meta content='TtuX5x792RG5l1Vt52Lue2VbFGm545NIlQQw1CGI23c' name='google-site-verification'/> = meta tag dari Google
<meta content='af350aa3e238f9c3' name='y_key'/> = meta tag dari Yahoo
<meta content='EF3208999BFC2D6DD07C9896BF493B3B' name='msvalidate.01'/> = meta tag dari MSN/Bing
<meta content='wIOcDXyX7nhrfNmLaljhzeaDYlc' name='alexaVerifyID'/> = meta tag dari Alexa
Nah meta tag-meta tag ini sebaiknya jangan pernah dihapus atau dihilangkan karena merupakan tanda bahwa blog anda sudah terdaftar dibeberapa search engine tersebut. 
2.       Meta tag utama yang WAJIB ada dalam template blog ada 3 yaitu :

Meta tag title
Yaitu meta tag yang menyatakan identitas sebuah blog dengan judul blog,
Meta Tag deskripsi :
Yaitu meta tag  yang berfungsi sebagai penjelasan yang lebih spesifik mengenai konten yang ada dalam sebuah blog. Meta tag ini sangat penting perannya dalam membantu spider bot search engine untuk mendeskripsikan sebuah blog.
Meta Tag keywords :
Yaitu meta tag yang berisikan keyword (kata kunci) apa saja yang paling banyak digunakan dalam penulisan artikel di sebuah blog. Jadi pilihlah keyword yang sesuai dengan materi tulisan (informasi) yang ada didalam blog sobat, karena kata kunci yang dipilih menjadi penentu juga bagi search engine untuk menggiring pengunjung ke blog anda berdasarkan pencarian kata kunci tertentu. Maksimal keyword yang boleh diisikan dalam meta tag ini adalah 25 keyword, penulisannya dipisahkan dengan tanda koma (tanpa spasi).
Title: Meta Tags; Written by Unknown; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar