PENDAHULUAN
Puji syukur penyusun panjatkan ke hadirat Allah
Subhanahu wata΄ala, karena berkat rahmat-Nya penyusun bisa menyelesaikan
makalah yang berjudul Hubungan kerjasama Yayasan pendidikan Dasar
Dan Menengah Al-Masoem dengan media massa . shalawat serta salam tidak lupa
penyusun kucurkan terhadap jungjunan kita nabi besar Muhammad SAW, beserta
keluarganya, para sahabatnya, dan sampailah pada kita umat akhir zaman.
Pengantar ilmu humas
merupakan salah satu mata kuliah yang penting bagi mahasiswa jurnalistik karena
didalamnya kita bisa mampu mengetahui seluk beluk kegiatan kehumasan yang
merupakan acuan atau sasaran pekerjaan seorang jurnalis dalam menyampaikan
informasi kepada media massa.
Kami
mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu sehingga
makalah ini dapat diselesaikan tepat pada waktunya. Makalah ini masih jauh dari
sempurna, oleh karena itu, kritik dan saran yang bersifat membangun sangat
penyusun harapkan demi sempurnanya makalah ini.
Semoga makalah ini memberikan informasi bagi
khalayak dan bermanfaat untuk pengembangan wawasan dan peningkatan ilmu
pengetahuan bagi kita semua.
Bandung,
Juni 2011
Penyusun
LATAR BELAKANG
Hubungan dengan publik
diluar perusahaan merupakan keharusan yang mutlak. Karena perusahaan tidak
mungkin berdiri sendiri tanpa bekerja sama dengan perusahaan yang lain. Karena
itu perusahaan harus menciptakan hubungan yang harmonis dengan publik-publik
khususnya dan masyarakat umumnya.
Salah satunya dengan
melakukan komunikasi dengan publik ekstern secara informatif dan persuasif.
Informasi yang disampaikan hendaknya jujur, teliti dan sempurna berdasarkan
fakta yang sebenarnya. Secara persuasif, komunikasi dapat dilakukan atas dasar
membangkitkan perhatian komunikan (publik) sehingga timbul rasa tertarik.
Masalah yang perlu
dipecahkan dalam kegiatan external public relations meliputi bagaimana
memperluas pasar bagi produksinya, memperkenalkan produksinya kepada
masyarakat, mendapatkan penghargaan dan penerimaan dari publik maupun
masyarakat, memelihara hubungan baik dengan pemerintah, mengetahui sikap dan
pendapat publik terhadap perusahaan, memelihara hubungan baik dengan pers dan
para opinion leader, memelihara hubungan baik dengan publik dan para
pemasok yang berhubungan dengan operasional perusahaan dan mencapai rasa
simpatik dan kepercayaan dari publik dalam masyarakat.
Dalam makalah ini akan dibahas mengenai pengunaan media massa yang
dilakukan oleh badan instansi pendidikan al-masoem yang terletak di Jl. Raya
cileunyi-Rancakek no 22 jatinangor-sumedang, untuk menyebarluaskan informasi
kepada khalayak tentang kegiatan apa saja dan hal-hal yang penting yang perlu
di publkasikan kepada masyarakat melalui media massa
PEMBAHASAN
Adapun dalam hal pembahasan kali ini
kita akan menganalisa proses kerjasama yang dilakukan pihak humas sekolah
al-masoem dalam pengembangan citra kepada masyaraka melalui media massa.
1. Bentuk kerjasama dengan media cetak
Bentuk kerjasama yang dilakukan
pihak penyelenggara pendidikan al-masoem dengan media cetak yaitu melalui kolom
iklan dan artikel yang dimuat dalam surat kabar Pikiran Rakyat. Dalam hal ini
secara rutin pihak al-masoem memuat brusur penerimaan siswa baru baik SMP
al-masoem maupun SMA al-masoem dalam kolom iklan surat kabar pikiran rakyat.
Selain itu dalam surat kabar ini juga sering dimuat pemberitaan tentang
acara-acara besar yang akan maupun yang telah dilaksanakan pihak al-masoem yang
perlu di publikasikan melalui media massa seperti kegiatan messa (multi event
sport sains and art) al-masoem yang diadakan setiap tahunnya, dan perayaan
dalam memperingati hari besar islam, diantaranya peringatan maulid nabi
Muhammad dan isra mi’raj nabi Muhammad dengan mengadakan acara pengajian yang
melibatkan ustad kondang seperti ustad yusuf Mansur dan sebagainya.
Selain itu pemberitaan yang dimuat
dalam surat kabar pikiran rakyat adalah mengenai prestasi-prestasi siswa-siswi
al-masoem dalam kegiatan olimpiade tingkat daerah atau tingkat nasional maupun
lulusannya yang diterima oleh perguruan tinggi negeri yang ada di Indonesia.
Hal ini bertujuan untuk menarik minat siswa-siswi yang yang akan melanjutkan
sekolahnya untuk masuk yayasan pendidikan al-masoem. Hal ini juga didukung
dengan kupon diskon pendidikan yang dimuat dalam surat kabar tersebut.
2. Bentuk kerjasama dengan media elektronik
Bentuk
kerjasama yang dilakukan pihak almasoem dengan media elektronik yaitu dengan
melibatkan saluran pendidikan stasiun TV daerah yakni STV dan stasiun radio
ardan FM. Adapun hal-hal yang dipublikasikan didalam stasiun TV STV yaitu
pemberitaan mengenai kegiatan pembelajaran yang dilakukan pihak penyelenggara
pendidikan al-masoem baik dalam bidang akademik maupun non akademik seperti
kegiatan ekstrakulikuler maupun intrakulikuler sekolah tersebut, selain itu
fasilitas-fasilitas yang menunjang sering disorot atau ditonjolkan dalam proses
pemberitaannya, akan tetapi bentuk kerjasama dengan pihak STV merupakan bentuk
kerjasama yang dilakukan tidak secara kontinyu sehingga hanya sedikit
masyarakat yang mengetahui akan pemberitaan tersebut.
Selain itu bentuk kerjasama dengan
pihak ardan FM adalah sama seperti bentuk publikasi yang lainnya, yaitu tentang
pembukaan pendaftaran siswa baru sebagai upaya persuasive dalam menjaring siswa
baru.
Selain penggunaan sarana TV dan
radio, pihak humas al-masoem juga menggunakan media online dan jejaring sosial
dalam penyebarluasan informasi yang ada di sekolah tersebut. Baik informasi
tentang kegiatan yang diadakan di sekolah maupun proses akademik dan penerimaan
siswa baru sekolah tersebut dalam usahanya untuk pengembangan citra seolah di
masa yang akan datang.
Kesimpulan
Ada
beberapa bentuk media masa yang bisa digunakan suatu perusahaan atau lembaga
instansi dalam menginformasikan suatu bentuk kegiatan dan hal-hal yang perlu
untuk dipublikasikan guna mencapai citra perusahaan yang positive di
masyarakat. Hal ini serupa dengan yang dilakukan pihak humas yayasan pendidikan
dasar dan menengah al-masoem yakni dengan memanfaatkan media cetak seperti
koran atau surat kabar dan media elektronik seperti radio dan televisi.
Walaupun tujuan pihak al-masoem
dalam penggunaan media massa tersebut bersifat subjective, karena hanya
menampilkan potensi-potensi yang ada di sekolahnya namun dalam hal ini pihak
al-masoem bisa dikatakan mampu dan berhasil memanfaatkan media massa sebagai
daya tarik sekolah tersebut sekaligus secara tidak langsung citra positive akan
dicapai dari masyarakat.
Adapun media massa yang dilibatkan
dalam proses ini juga mendapatkan keuntungan dari penayangan informasi
tersebut, baik dari sisi iklan maupun hasil liputan yang menjadi bahan berita
media massa tersebut, oleh karena itu penggunaan media massa sangat penting bagi
proses kehumasan suatu lembaga atau perusahaan tertentu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar